Selasa, 12 Juni 2012

Kata-kata Bijak


Kata-kata Bijak
*    Bersyukurlah, jika kita tidak memiliki semua yang kita inginkan, karena jika kita punya semuanya apalagi yang hendak kita cari. Bersyukurlah, saat kita tidak mengetahui sesuatu, karena itu memberi kita kesempatan untuk belajar. Bersyukurlah, atas masa-masa sulit yang kita hadapi, karena selama itulah kita akan tumbuh dewasa. Bersyukurlah, atas kesalahan yang kita  buat, karena itu memberi kesempaatan kita untuk menjadi lebih baik lagi.

*    Janganlah hidup dalam kepura-puraan, jadilah dirimu sendiri dimanapun kamu berada.


*    Tahukah kamu perasaan itu bagai kaca, dia terlihat licin dan bening. Jika kita sekali saja memecahkan kaca itu, dia akan hancur berkeping-keping dan sulit untuk disatukan kembali. Sekalipun kita dapat menyatukan serpihan kaca itu, dia tidak akan terlihat indah seperti sebelum kaca itu pecah. Seperti itulah ketika perasaan kita hancur, sulit bagi kita untuk mengikhlaskan segala sesuatu yang membuat perasaan itu hancur. Maka, pandai-pandailah menjaga perasaan orang lain, lebih-lebih perasaan orang yang kita sayangi maupun orang yang tidak kita sayangi.

*    Wanita adalah makhluk terunik yang diciptakan Allah. Dilengkapi hati dan perasaan yang peka serta kasih sayang yang luar biasa. Air mata adalah senjata mereka, rayu manis adalah kelemahan mereka. Pandai-pandailah bersikap, buat dirimu lebih berharga dihadapan para lelaki yang bersenjatakan bujuk rayu dan segala pesona. Demi Allah, jodohmu sudah di tetapkan Allah sejak kamu 40 hari dalam kandungan sang ibu, janji Allah pria yang soleh akan dapat wanita yang soleha.
*    Suatu saat nanti matamu akan melihat kekuranganku. Suatu saat nanti telingamu akan mendengar keburukanku. Suatu saat nanti pasti hatimu akan tersakiti oleh sikapku. Itulah aku, aku bukan manusia yang sempurna, maka dari itu aku butuh kamu, tegur aku bila aku salah, nasehati aku bila aku keliru. Isi kekuranganku dengan kelebihanmu, begitu juiga sebaliknya biar kita bisa saling melengkapi, itulah persaudaraan.

*    Kadang kita minta pada Allah setangkai bunga yang indah, tapi di beri kaktus yang berduri. Kita minta kupu-kupu, tapi diberi ulat, kita pun sedih dan kecewa. Namun kemudian, kaktus itu berbunga indah sekali dan ulat itupun menjadi kupu-kupu yang cantik. Itulah jalan Allah, indah pada waktunya. Allah tidak memberi apa yang kita harapkan , tapi Allah memberi apa yang kita butuhkan. Kadang kita sedih, kecewa, terluka, berburuk sangka, tapi jauh diatas segalanya , Allah sedang merajut yang terbaik dalam kehidupan kita.


*    Seuntai kasih membuat kita saying, setulus janji bikin kita percaya, dan sekecil luka pasti menjadikan kita percaya. Namun persahabatan akan selamanya bermakna.

*    Dua hal yang harus kita ingat 1) kebaikan orang lain kepada kita, 2) keburukan kita kepada orang lain. Dan dua hal yang harus kita lupakan 1) kebaikan kita kepada orang lain, 2) keburukan orang lain kepada kita.


*    Kasih sayang itu sederhana tapi tidak sesederhana perannya dalam mencantikkan/memperindah kehidupan kita.

*    Dalam kehidupan, terkadang kita harus tunduk pada kenyataan, tanpa bisa berbuat apa-apa. Terkadang kita harus tersenyum dalam tangis. Terkadang kita harus menangis dalam senyuman. Terkadang yang kita sukai sulit tuk dimengerti, terkadang yang kita benci malah mendekat dihati. Yang dihindari seringkali mengikuti. Yang dicari malah menjauh pergi, yang diharap sering tak datang. Yang tak di undang sering berkerumun. Yang dibutuhkan sering terbuang hilang. Yang harus dibuang malah harus tersimpan. Itulah kehidupan.
*    Yang namanya kaya bukanlah dengan banyaknya harta (banyaknya kemewahan dunia). Namun yang namanya kaya adalah hati yang selalu merasa cukup. (H. R. Bukhari Muslim)

*    Seringkali kita mencarinya terlalu jauh kemana-mana, padahal bahagia itu dekat. Ada pada setiap hati yang bersyukur, kalbu yang bisa melihat dengan jelas deretan karunia yang Allah limpahkan kepadanya, dan bukan sibuk menghitung apa yang tidak dimiliki.


*    Wanita terbaik bukan dia yang punya banyak pria di dalam hidupnya. Namun dia yang menolak banyak pria hanya demi satu pria yang dicintainya.

*    Tulislah rencana kita dengan sebuah pensil, tapi biarkan penghapusnya pada Allah. Izinkan dia menghapus bagian-bagian yang salah dan menggantikan dengan rencananya yang indah di dalam hidup kita. Karena Allah selalu tahu apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita minta.


*    Kita belajar bahwa tidak selamanya hidup ini indah. Kadang Tuhan mengajarkan kita melalui derita sakit, tapi kita tahu bahwa ia tidak pernah meninggalkan kita. Sebab itu kita belajar menerima semuanya dengan sukacita, sebab segala sesuatu indah pada waktunya.

*    Hidup bagaikan syair yang melantunkan nada-nada indah namun meremukkan jiwa, menggetarkan nurani. Terkadang syahdu menyejukkan kalbu, terkadang resah menorehkan luka, itulah hidup. Karena itu, jangan pernah kecewa dan putus asa, namun jadilah seperti burung rajawali, semakin tinggi ia terbang makin tinggi kepakan sayapnya. Berdirilah teguh pada pilihan hidup kita dan tetaplah dengan keadaan yang ada. Tuhan selalu ada bersama kita, hanya kadang kala kita tak menyadarinya.


*    Hidup itu berawal dari B dan berakhir di D, B= born dan D=Death. Tetapi diantara huruf B dan D ada huruf C, C=choise. Hidup slalu menawarkan pilihan. Tersenyum atau marah, memaafkan atau membalas, mencintai atau membenci, bersyukur atau mengeluh, berharap atau putus asa. Tidak ada pilihan yang tanpa kosekuensi, namun Tuhan selalu memberikan yang terbaik. Rencana kita boleh indah, tapu rencana Tuhan-lah yang paling indah.

*    Tuhan punya hadiah cahaya untuk setiap kegelapan, sebuah jalan keluar untuk setiap permasalahan, sebuah kebahagiaan untuk setiap kesedihan, sebuah rencana untuk setiap esok hari, karena Tuhan ingin kamu menjadi yang terbaik.


*    Ketika Tuhan menempatkan seseorang disisimu, entah itu sebagai siapapun dia. Tentu Tuhan punya maksud tersendiri didalamnya, belajarlah bersyukur buat orang-orang yang telah Tuhan tempatkan disisimu, bagaiamanapun dirinya, apapun kelebihan dan kekurangannya. Meskipun seringnya orang-orang itu selalu membuat kamu marah, jengkel dan emosi, tapi Tuhan bisa gunakan apapun untuk membentuk pribadimu, termasuk orang-orang yang tlah Tuhan pilihkan untukmu.

*                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar